SELAMAT DATANG DI KELAS BARU, AYO KITA BUAT PENUH PRESTASI

Yuk lihat Adminitrasi digital SDN Jogotrunan membuat dan menggunakan pun mudah

0

 

aplikasi digital berbasis google form dan google sheet 



       Sebenarnya awal ide membuat  aplikasi ringan dari Google form yang terintegrasikan diblog sekolah ini link https://www.sdnegerijogotrunan.sch.id/p/adminitrasi-kelas-4-b.html yang saya buat sendiri  dari template gratisan dan saya kelola, Blog lainnya  www.bimbelsemanggi.blogspot.com dan  www.Jogokidz.blogspot.com untuk kumpulan soal harian. Keinginan saya untuk membuat sekolah berbasis digital biaya rendah dan sangat membantu guru dan walimurid dalam kesehariannya. dengan aplikasi ini guru dan walimurid bisa dengan mudah melihat data siswa, mengisi absen harian siswa. memasukkan nilai siswa, memberikan tugas siswa, Untuk para orang tua murid tiap hari bisa cek nilai harian anak, melihat jadwal pelajaran dan melihat tugas dirumah atau PR. 

Cara membuat ikon di HP para walimurid dan guru di bawah ini :

1. ketik di google kata kunci sdn jogotrunan

lalu klik icon gambar dunia sebelah pojok bawah kiri

2. klik tombol titik 3 pada pojok kiri atas akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini


lalu klik menu "Tambahkan ke layar utama"

3. Muncul menu seperti gambar dibawah ini klik tombol tambah

3. Menu berikutnya adalah Buat Pintasan lalu klik tombol Tambahkan


4. Muncul Icon blog sekolah pada layar HP




6. Klik ikon menuju blog sekolah

lalu klik menu 3 garis pada kanan atas layar HP akan muncul menu dibawah ini


lalu klik menu Adm Kelas akan muncul seperti gambar di bawah ini

Selanjutnya pilih kelas 4 ( link yang sudah kami isi sebagai uji coba sebelum membuat untuk kelas lain)

menu tampilan awal Adminitrasi kelas 4 c

dengan dipasang ikon diwalimurid bertujuan agar mudah mengakses aplikasi



WEBSITE sekolah yang saya buat sendiri https://www.sdnegerijogotrunan.sch.id/



        Sebenarnya saya membuat aplikasi dari google form yang sangat mudah dan basis data menggunan google sheet. yang saya integrasikan ke blog sekolah yang saya bangun semenjak saya pindah ke sekolah SDN Jogotrunan 2 tahun yang lalu. contoh menu-menu yang disajikan sebagai berikut :

menu-menu 


   Menu-menu yang ada diatas dengan tampilan yang sederhana, para guru tinggal klik menu lalu nantinya akan diarahkan menuju google form untuk imput data dan google sheet untuk melihat data. 

A. NILAI HARIAN

data nilai siswa

Para wali murid bisa memantau perkembangan setiap hari dari data yang diimput guru selesai penilain di kelas . semua di sajikan per mata pelajaran. di folder google drive yang bisa diakses secara mudah melalui handphone.



B. TUGAS SISWA
data tugas siswa 



 Dengan adanya data tugas siswa secara online para walimurid tidak kesusahan untuk melihat data tugas tugas yang harus dikerjakan atau belum dikerjakan berdasarkan nilai yang sudah ada di data nilai. kalau data ditampilankan di whatsapp banyak para walimurid yang kesulitan untuk mencari tugas-tugas dikarena chat sudah lama.

C. DATA SISWA
Data siswa seluruh sekolah


Dengan klik tombol ini guru diarahkan ke data siswa seluruh sekolah, sehingga memudahkan guru untuk mencari nama siswa seluruh sekolah yang dibutuhkan secara cepat.

D. DOWNLOAD BUKU
data buku yang bisa di download
 
Menu ini mengarahkan guru dan walimurid untuk mendownload buku materi gratis dari pemerintah secara mudah.

E.BELAJAR DI RUMAH

klik gambar atau klik link menuju situs https://jogokidz.blogspot.com/

Pada Menu ini para orang tua bisa mengulang materi belajar dengan mengerjakan latihan-latihan soal online di rumah sehingga bisa membantu orang tua mengetahui sampai mana anak didik belajar di sekolah.


F.  FOTO-FOTO KEGIATAN

dengan Klik menu foto kegiatan akan diarahkan pada folder google drive yang berisikan foto-foto kegiatan. tujuannya ada menyimpan foto yang lebih permanen dan aman tanpa membebani memori hp para orang tua.

G. KUMPULKAN TUGAS SISWA
 Pada forlder google drive ini mengajarkan para siswa untuk belajar mengirim tugas secara online yang nantinya guru mengecek hasil pekerjaan siswa dimana saja bisa. (masih pengembangan)

Mimpi saya selanjutnya membuat adminitrasi digital mulai dari adminitrasi sekolah, adminitrasi kantin yang memudahkan Kepala sekolah untuk mencari data-data penting secara cepat. Untuk kantin sekolah saya ingin nantinya para walimurid bisa memesan makanan sehat yang dibayar secara online tanpa kawatir anak-anak membawa uang ke sekolah.Itulah info aplikasi yang saya kembangkan semoga dengan aplikasi ini para guru, orang tua siswa dan siswa lebih mudah berkolaborasi. terima kasih.















Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)